Ibnu Hajar dan Batu ( Kisah teladan dan Motivasi )

18 Sept 2010


Ia adalah seorang anak yatim, Ayahnya meninggal pada saat ia masih berumur 4 tahun dan ibunya meninggal ketika ia masih balita. Di bawah asuhan kakak kandungnya, ia tumbuh menjadi remaja yang cerdas dan iffa ( menjaga diri dari dosa ) dan sangat berhati-hati dalam menjalani kehidupannya serta memiliki kemandirian yang tinggi. Ibnu hajar Al-Asqalani itulah namanya. Beliau dilahirkan pada tanggal 22 sya’ban tahun 773 Hijriyah di pinggiran sungai Nil di Mesir.

Nama asli beliau adalah Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Muhammad bin Ali bin Mahmud bin Ahmad bin Hajar Al-Kannani Al-Qabilah yang berasal dari Al-Asqalan. Namun ia lebih masyhur dengan julukan Ibn Hajar Al Asqalani. Itu berawal dari kisah beliau dengan batu yang ia jadikan sebagai awal motivasinya dan keinginannya yang kuat untuk belajar.  Kisah itu bermula ketika beliau masih belajar disebuah madrasah, ia terkenal sebagai murid yang rajin namun ia selalu tertinggal jauh dari teman-temannya. Bahkan sering lupa dengan pelajaran-pelajaran yang telah di ajarkan oleh gurunya di sekolah yang membuatnya patah semangat dan frustasi.




Beliaupun meminta izin kepada gurunya untuk meninggalkan sekolahnya. Dalam kegundahan hatinya meninggalkan sekolahnya hujan pun turun dengan sangat lebatnya, mamaksa dirinya untuk berteduh didalam sebuah gua. Ketika berada didalam gua pandangannya tertuju pada sebuah tetesan air yang menetes sedikit demi sedikit jatuh melubangi sebuah batu, ia pun terkejut. Beliau  pun berguman dalam hati, sungguh sebuah keajaiban. Bagaimana mungkin batu itu bisa terlubangi hanya dengan setetes air. Ia terus mengamati tetesan air itu dan mengambil sebuah kesimpulan bahwa batu itu berlubang karena tetesan air yang terus menerus.


Dari peristiwa itu, seketika ia tersadar bahwa betapapun kerasnya sesuatu jika ia di asah trus menerus maka ia akan manjadi lunak. Batu yang keras saja bisa terlubangi oleh tetesan air apalagi kepala saya yang tidak menyerupai kerasnya batu. Jadi kepala saya pasti bisa menyerap segala pelajaran jika dibarengi dengan ketekunan, rajin dan sabar. Sejak saat itu semangatnya pun kembali tumbuh lalu beliau kembali ke sekolahnya dan menemui Gurunya dan menceritakan pristiwa yang baru saja ia alami. Melihat semangat tinggi yang terpancar dijiwa beliau, gurunya pun berkenan menerimanya kembali untuk menjadi murid disekolah itu.

Sejak saat itu perubahan pun terjadi  dalam diri Ibnu Hajar. Beliau manjadi murid yang tercerdas dan malampaui  teman-temannya yang telah manjadi para Ulama besar dan ia pun tumbuh menjadi ulama tersohor dan memiliki banyak karangan dalam kitab-kitab yang terkenal dijaman kita skrang ini.

Cat atan:
“Kisah Beliau diatas bisa menjadi motivasi bagi kita semua, bahwa sekeras apapun itu dan sesusah apapun itu jika kita betul2 ikhlas dan telaten serta continue dalam belajar niscaya kita akan menuai kesuksesan. Jangan pernah mengeluarkan kata-kata menyerah atau kalah.

Ingatlah  wahai kawan…
Kegagalan bukan akhir dari segalanya, tapi kegagalan adalah sebuah keberhasilan yang tertunda”.

Dan ketahuilan wahai teman…”Man jadda wajada” siapa yang bersungguh-sungguh maka dapatlah ia.

Dan satu lagi yang perlu kita perhatikan, bahwa kunci dari segala kesuksesan ada pada diri kita sendiri. Ini sejalan dengan firman Allah :
 “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sampai ia sendirilah yang mengubah keadaan mereka sendiri” ( QS. Ar Rad : 11 ).

Cairo, 18-09-2010
By Augush Elbugiesy

*Sumber  :  60 Biografi Ulama salaf




2 comments:

Anonymous said...

syukron katsir :), kisah yang selalu memotifasi setiap orang yang dalam berputus asa dalam menuntut ilmu...

Asep Nurjamin said...

Syukron, ya Akhi. Sebenarnya kisah ini telah saya dengar dan baca sekitar empat puluh tahun yang lalu di sekolah dasar. Tetapi, tidak disebutkan siapa yang mengalami dan menceritakan kembali kisah ini. Baru kali ini saya tahu bahwi itu kisah ulama besar Islam. Untuk menambah keyakinan, akan lebih baik jika Akhi menambahkan keterangan: (1) mengenai usia beliau pada saat mengalami peristiwa itu. (2) Sumber asal tulisan tersebut, nama kitab dan pengarangnya. Semoga Allah melindungi dan mengasihi orang-orang yang berilmu!

Post a Comment